Kamis, 19 Juni 2014

Mengecap sedapnya Mie Belitung Atep


Bagi yang sudah datang ke Belitung, pasti pernah mencicipi mie satu ini. Mie kuning disertai potongan emping, tahu, timun, tauge, dan kentang yang disiram kuah kaldu udang. Mie Belitung namanya. Rasanya yang khas dan enak membuat mie ini menjadi salah satu kuliner andalan bumi laskar pelangi yang patut dicoba.
Salah satunya adalah Mie Belitung Atep yang berada tepat di tengah kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan. Kedai ini berdiri sejak 1973, letakknya strategis di depan jalan raya. Begitu terkenalnya, tidak heran jika kedai ini selalu ramai dan menjadi favorit bagi para pesohor yang sedang bervakansi ke Belitung. Semua itu diabadikan dalam foto berbingkai yang dipajang berjajar ditembok. Mulai dari Tukul, Cinta Laura, hingga Bondan Winarno pernah berkunjung dan menikmati mie Belitung ini. Bahkan, Mantan Presiden Megawati pun tidak mau melewatkan untuk mengecap sedapnya mie ini.
Cara penyajian kuliner ini tergolong sederhana, mie kuning ditata dengan taburan tauge, irisan timun, potongan kentang rebus, emping melinjo dan terakhir disiram aroma kuah kaldu udang kental yang berwarna kecoklatan. Seekor udang ukuran utuh juga disajikan diatas siraman kuahnya. Kuah mie Belitung dibuat dari kaldu udang yang diramu dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan jahe.

Mie Belitung paling nikmat disantap saat panas. Selain rasa mie yang lezat, kuahnya itu memberikan sensasi manis segar dilidah. Akan semakin lengkap jika disajikan berdampingan dengan es jeruk kunci. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk kunci sangat tinggi dan konon baik untuk pencegahan osteoporosis.

Kabar baiknya, ternyata mereka sudah buka perwakilan di daerah Serpong. Saya sendiri belum sempat mencoba apakah memiliki kemiripan rasa yang sama atau tidak. Tapi setidaknya kita tidak perlu harus ke Belitung untuk merasakan sajian berselera ini.
Mie Belitung Atep
Cafe “de Bamboe”
Jl. Anggrek Loka, Blok AL No.2 (Kluster di seberang Eka Hospital)
Sektor 2.3 BSD City, Tanggerang Selatan
Hp. 0859 4522 90089 (xl)
0821 1042 9008 (simpati)

Proud being an Indonesian,
standarmiring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar